9 Cara Mengatasi Galau Karena Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

“Kita jadi kakak-adik saja ya?”. Sebuah jawaban yang sangat tidak ingin didengar oleh siapa pun yang telah mengutarakan seluruh isi hati kepada seseorang yang disukai.

Namun, jawaban tersebut sudah menunjukkan bahwa si pengutara cinta hanya bisa bertepuk sebelah tangan.

Nyatanya, tidak ada manusia yang bisa tetap tegar ketika mendapati dirinya hanya bisa bertepuk sebelah tangan alias ditolak cintanya.

Ya, kegagalan mendapat pasangan akan membuat setiap orang yang mengalaminya pasti akan galau. Dunia serasa berhenti berputar.

Tapi ingat, dunia tak selebar daun kelor. Masih ada banyak pilihan lain yang pasti salah satunya merupakan yang telah ditentukan untuk Anda.

Jadi meski Anda hanya bisa bertepuk sebelah tangan, jangan langsung galau. Kalaupun sudah terlanjur muncul, berikut 9 cara mengatasi galau yang bisa Anda lakukan.

Artikel MenarikMgid

Dokter asal Beijing ungkap cara memulihkan persendian

Realistic Game For Men

Fantasy RPG

Your Wife Will Surely Appreciate This Trick – Try It Tonight
1. Berpikir Positif
Keep calm and stay positive. Apa pun kesedihan yang Anda alami akibat bertepuk sebelah tangan tetap upayakan untuk berpikir secara positif.

Dengan berpikir positif, Anda tidak akan mudah larut dalam kesedihan yang bisa berujung dengan kehampaan jiwa.

Jangan langsung menyalahkan diri sendiri sebagai penyebab kegagalan Anda mendapatkan cinta si dia. Bisa jadi ada seseorang yang lebih baik dan lebih menyayangi Anda sedang menunggu di luar sana.

Seseorang ini tidak akan pernah bisa ditemukan jika Anda masih selalu dibalut dengan pikiran negatif.

Buka pikiran secara positif dan ambil hikmahnya dari setiap kejadian buruk yang Anda alami.

Baca juga:

8 Cara Sederhana Memaafkan Orang yang Menyakiti Anda
9 Cara Efektif Mengatasi Kecemasan Berlebihan
7 Cara Jitu Agar Anda Tidak Mudah Mengeluh
2. Jangan Biarkan Pikiran Dikuasai Perasaan
Pikiran akan cenderung rasional sementara perasaan jelas bakal lebih irasional. Karena itu jangan sampai perasaan sedih yang Anda alami mampu menguasai pikiran dan akal sehat. Saat perasaan mampu menguasai pikiran, Anda bakal cenderung kesulitan untuk menggunakan akal sehat.

Kondisi kejiwaan Anda yang tengah goyang akan makin kacau jika terus menerus dimainkan perasaan sendiri. Padahal masih ada esok hari yang pasti lebih baik jika Anda mau menjalaninya.

Dan, masih ada banyak pilihan lain yang bisa jadi lebih baik dari dia yang telah menolak Anda.

3. Berhenti Mengintip Kesibukan Dia
Cara mengatasi galau usai bertepuk sebelah tangan adalah dengan menghilangkan dia dari kehidupan Anda. Setidaknya untuk sementara waktu. Baik di dunia nyata maupun di dunia maya atau media sosial.

Jangan coba-coba mengintip kegiatan dia usai tragedi penolakan. Semakin Anda mencoba untuk tetap melihat dan mengetahui kesehariannya, makin susah untuk melupakannya.

Memang awalnya pasti akan terasa berat. Namun kehidupan Anda akan berjalan lebih baik tanpa kepo tentang dirinya lagi.

Biarkan dia dengan kehidupannya, dan Anda pun berhak menjalani kehidupan baru yang lebih menyenangkan.

Ketika dirasa jiwa Anda sudah tidak galau lagi, silakan buka kembali media sosial yang berkaitan dengan dirinya. Pastikan Anda sudah tidak lagi menaruh hasrat apa pun terhadap dirinya.

4. Menangislah Kalau Memang Dibutuhkan
Cara mengatasi galau dengan menangis

Ungkapkan kesedihan, jangan disimpan. Kalau memang harus menangis, ya menangislah. Karena menangis akan membuat beban kesedihan yang ada di dalam hati menjadi lebih ringan.

Jangan pura-pura kuat menahan kesedihan, padahal sebenarnya Anda sudah sangat rapuh.

Karena itu cara mengatasi galau yang cukup efektif adalah dengan menangis. Biarkan bantal di kamar Anda basah oleh air mata.

Menahan kesedihan sama sekali tidak ada gunanya. Justru akan membuat Anda semakin galau dan tertekan. Toh menangis bukanlah sebuah ekspresi negatif dari sebuah kesedihan.

5. Jangan Buru-buru Cari yang Lain
Sedih dan kecewa karena bertepuk sebelah tangan tidak lantas menjadi alasan untuk segera mencari seseorang yang lain.

Karena hal ini kecenderungannya hanya akan menjadi pelampiasan. Sungguh sebuah sikap yang tidak adil bagi orang tersebut.

Saat Anda buru-buru mencari yang baru, itu sebenarnya hanya pelarian. Sebuah pelarian dari kenyataan pahit bahwa cinta Anda telah ditolak. Dapat dipastikan hubungan seperti ini tidak akan langgeng.

Biarkan waktu memulihkan jiwa Anda lebih dulu. Pastikan Anda memang sudah siap untuk menerima kehadiran hati yang lain.

Sehingga Anda pun bisa menerima apa adanya dan bukan sekadar menjadi pelarian semata.

6. Nikmati Kegagalan Anda
Tidak ada hal yang bisa membantu Anda dalam mengatasi rasa galau selain menikmatinya.

Menikmati kesedihan? Sedih kok malah disuruh dinikmati? Teganya…teganya…teganya.

Maksudnya bukan lantas Anda terus menerus bersedih. Tapi lihat apa yang bisa Anda nikmati dengan kondisi saat ini.

Bukankah Anda akhirnya bisa mempunyai waktu untuk melakoni hal-hal yang sempat tertunda? Karena Anda sebelumnya sudah disibukkan dengan agenda pedekate yang padat.

Mumpung belum mendapat gebetan baru, inilah saatnya untuk menikmati kesendirian. Termasuk di antaranya tidak lagi banyak jaim karena ingin mendapat perhatian dari si dia.

Anda bisa bebas mengekspresikan diri Anda tanpa harus banyak jaga image.

7. Perbanyak Berkumpul dengan Sahabat
Boleh jadi selama masa pendekatan, Anda menjadi jarang bertemu dan berkumpul dengan sahabat-sahabat Anda.

Mereka memang bisa memaklumi bahwa Anda punya kesibukan yang tidak bisa diganggu gugat. Nah kini menjadi saatnya untuk kembali bersenang-senang dengan para sehabat.

Segera rancang rencana pergi bersama mereka. Seperti traveling ke lokasi yang dulu pernah direncanakan. Bisa juga melanjutkan rencana mendaki gunung yang tertunda karena “kesibukan” Anda.

Keberadaan sahabat di sekitar Anda akan membuat hati menjadi lebih cepat tenang. Anda pun bisa mulai menata kembali kehidupan baru. Bahkan mungkin mulai berpikir mencari seseorang yang lain yang bisa mengisi relung hati Anda.

Baca juga:

10 Cara Menjadi Pribadi yang Menarik dan Disukai Banyak Orang
9 Cara Ampuh Mendapatkan Kesan Pertama yang Baik dari Teman Baru Anda
8. Lakukan Hobi yang Tertunda
Selain bertemu dan berkumpul dengan sahabat, boleh jadi ada banyak hobi Anda yang menjadi jarang dilakukan terkait kesibukan Anda menjalani program pedekate. Kini saatnya untuk me-restart semua hobi Anda yang tertunda.

Saat Anda punya kesibukan baru menjalani hobi, itu akan menjadi sebuah cara mengatasi galau. Terutama yang disebabkan oleh penolakan atau bertepuk sebelah tangan.

Pikiran Anda bisa tercurahkan kepada hobi tersebut, dan bukan terpaku pada kegagalan Anda mendapatkan cintanya.

9. Saatnya Membuka Lembaran Baru
Tidak ada hitungan waktu yang pasti untuk menentukan kapan Anda bisa mulai membuka lembaran hidup baru. Karena hanya Anda yang tahu persis kondisi hati Anda. Bukan sahabat ataupun kerabat.

Ketika Anda merasa sudah bisa melupakan pengalaman pahit sebelumnya, bahkan tidak ingat sama sekali, itu menjadi tanda Anda sudah bisa membuka lembaran baru.

Artinya Anda telah bisa membuka hati untuk seseorang yang mau mengisinya dengan rasa sayang yang tulus.

Saat sudah menemukan tambatan hati yang baru, jangan sekali-kali kembali mengingat kegagalan Anda. Karena Anda kini sudah menapaki jalan baru yang harus Anda sikapi secara serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *